China Pada AS: Jangan Usik Urusan Orang Lain

Kamis, 07 Mei 2015 - 22:23 WIB
China Pada AS: Jangan Usik Urusan Orang Lain
China Pada AS: Jangan Usik Urusan Orang Lain
A A A
BEIJING - Pemerintah China meminta Amerika Serikat (AS) untuk tidak mengurusi urusan dalam negeri mereka. Pernyataan pemerintah China ini merupakan komentar atas pernyataan Departemen Luar Negeri AS yang mengkritik China karena menahan seorang pengacara, pengkritik pemerintah China.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, seperti dilansir Reuters pada Kamis (7/5/2015) menyatakan, AS harusnya fokus pada masalah dalam negeri mereka, dan bukan mengurusi urusan dalam negeri negara lain.

“Saya tidak tahu apakah semuanya berpikiran sama dengan saya saat mendengar hal ini. Beberapa orang di AS memiliki hati terlalu besar dan tangan terlalu panjang, mereka selalu ingin menjadi polisi dan hakim dunia,” ucap Hua.

Hua mengatakan, urusan dalam negeri AS sebenarnya tidak kalah pelik dengan urusan dalam negeri China atau negara lainnya. Dirinya berujar, AS sebaiknya berusaha menyelesaikan masalah negeri mereka terlebih dahulu, sebelum menasihati negara lain bagaiamana cara menyelesaikan sebuah masalah.

“Seperti yang semua orang lihat, masalah dalam negeri AS tidaklah kecil. Jadi, saya harap mereka lebih dulu berkonsentrasi menyelesaikan masalah dalam negeri mereka sendiri,” sambungnya.

AS sendiri saat ini memang masih bergelut dengan konflik rasial yang kian hari kian memburuk. Menurut Hua, konflik rasial di AS adalah bukti kuat bahwa klaim mereka sebagai negara paling adil dan setara adalah salah.

“Kami berharap, AS dapat meninggalkan standar gandanya, berhati-hati dalam berbicara dan bertindak serta berhenti mencampuri kedaulatan hukum dan kemerdekaan China dalam berbagai bentuk,” tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4820 seconds (0.1#10.140)