Presiden Terguling Saleh Dilaporkan Kabur dari Yaman

Kamis, 23 April 2015 - 18:37 WIB
Presiden Terguling Saleh...
Presiden Terguling Saleh Dilaporkan Kabur dari Yaman
A A A
SANAA - Presiden terguling Yaman, Ali Abdullah Saleh, dilaporkan telah meninggalkan Yaman pada Rabu pagi kemarin. Laporan itu muncul dari media lokal Yaman yang mengutip sumber pejabat tinggi di Riyadh, Arab Saudi.

Menurut sumber itu, sudah disepakati bahwa, Saleh dan keluarganya dibolehkan meninggalkan Yaman. Hanya saja, lokasi tujuan Saleh dan keluarganya tidak diketahui.

Kendati demikian, laporan itu belum bisa diverifikasi. Terlebih, pekan lalu Koalisi Teluk pimpinan Arab Saudi yang melakukan agresi terhadap milisi Houthi di Yaman, menolak permintaan Saleh agar diberikan jalan keluar baginya dan keluarganya untuk meninggalkan Yaman.

Dalam permintaan itu, Saleh membantah telah bersekutu dengan Houthi untuk melakukan kudeta terhadap presiden sah Yaman, Abed Rabbo Mansour Hadi, yang saat ini mencari perlindungan kepada Saudi.

Laporan mantan Presiden Saleh yang meninggalkan Yaman itu hampir bersamaan dengan seruan kelompok Houthi yang akhirnya ingin melakukan perundingan damai. ”Kami menyerukan dimulainya kembali dialog politik di bawah naungan PBB,” kata juru bicara Houthi, Mohammed Abdul-Salam, melalui halaman Facebook-nya, seperti dilansir Al Arabiya, Kamis (23/4/2015).

Seruan perundingan damai dari Houthi juga sebagai respons Koalisi Teluk pimpinan Saudi yang pada Selasa lalu mengumumkan diakhirinya serangan udara di Yaman. Tapi, pengumuman itu hanya berlaku beberapa jam, sebab Koalisi Teluk tetap melanjutkan serangan udara terhadap Houthi di Yaman.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9742 seconds (0.1#10.140)