Afsel Genting, Zuma Batal ke KAA

Minggu, 19 April 2015 - 13:38 WIB
Afsel Genting, Zuma Batal ke KAA
Afsel Genting, Zuma Batal ke KAA
A A A
JAKARTA - Presiden Afrika Selatan (Afsel), Jacob Zuma dipastikan batal datang ke Jakarta untuk menghadiri Konfrensi Asia-Afrika (KAA). Pembatalan ini diakibatkan situasi Afsel yang sedang genting akibat insiden penyerangan yang dilakukan masyarakat pribumi terhadap warga Asing.

Kepastian tidak hadirnya Zuma disampaikan oleh pihak Kepresidenan Afsel melalui akun Twitter mereka tengah malam tadi. Dalam kicauannya, mereka menyatakan akibat adanya urusan dalam negeri, Zuma membatalkan kunjungannya ke Indonesia.

Namun, Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi pada Minggu (19/4/2015) menyatakan, walaupun Zuma tidak jadi hadir, Afsel tetap terlibat dalam KAA. Posisi Zuma akan digantikan oleh wakilnya.

"Ya kemarin malam kita terima informasi bahwa Presiden Zuma tak bisa hadir dan diwakili oleh Wakil Presiden," ucap Retno dalam sebuah pernyataan.

Zuma sejatinya adalah salah satu kepala negara yang akan menjadi pembicara dalam Asia Afrika Business Summit yang akan berlangsung esok hari. Dia akan berbicara bersama dengan Presiden China Xi Jin-Pin dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4503 seconds (0.1#10.140)