Semua WNI di Aden Berhasil Dievakuasi

Senin, 13 April 2015 - 20:13 WIB
Semua WNI di Aden Berhasil Dievakuasi
Semua WNI di Aden Berhasil Dievakuasi
A A A
JAKARTA - Setelah terjebak selama beberapa hari, warga negara Indonesia (WNI) di Aden, Yaman akhirnya bisa dievakuasi dari wilayah itu. Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi mengaku sangat lega ketika mendapat kabar tersebut.

"Pagi tadi saya bersyukur, Alhamdulilah. Saya betul-betul berterima kasih atas kerjasama tim Indonesia untuk melakukan evakuasi. Tadi pada pukul 07.34 waktu setempat, 82 WNI sudah berhasil kita evakuasi menggunakan kapal laut dari Aden menuju ke Djibouti," ucap Retno kalai ditemui Sindonews di kantornya pada Senin (13/4/2015).

Dirinya menuturkan, sudah mulai memantau evakuasi WNI dari Aden semenjak semalam, atau sejak ke-82 bisa keluar dari asrama dan bertolak menuju pelabuhan. Selain 82, pemerintah Indonesia turut mengevakuasi 67 orang warga Malaysia dan tiga warga Thailand.

Dengan berhasil dievakusinya warga di Aden, berarti hampir seluruh WNI yang ada di Yaman berhasil dikeluarkan dari negara tersebut. "Jadi, di wilayah yang paling rawan dari segi keamanan, kita sudah berhasil mengevakusi warga negara kita. Kita juga sudah evakuasi semua warga kita dari wilayah selatan, Sanaa juga sudah habis selesai. Kita geser ke sebelah barat di al-Hudaidah, nanti di sana akan kita ambil dan menyisakan yang ada di sebelah timur Yaman," imbuhnya.

Menlu wanita pertama Indonesia itu menyebut evakuasi WNI di Aden adalah sebuah pengalaman yang tidak akan bisa dia lupakan seumur hidup. "Karena, pengalaman Aden ini adalah pengalaman yang sangat luar biasa, untuk menarik keluar warga kita itu kita mengalami tantangan yang luar biasa. Tapi Alhamdulliah, saya begitu lega dan bersyukur, akhirnya evakuasi itu bisa dilakukan," ucapnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8909 seconds (0.1#10.140)
pixels