Aden Masih Mencekam, Kemlu Sulit Evakuasi WNI

Jum'at, 10 April 2015 - 14:29 WIB
Aden Masih Mencekam,...
Aden Masih Mencekam, Kemlu Sulit Evakuasi WNI
A A A
JAKARTA - Situasi di Aden, Yaman, masih mencekam sehingga membuat Kementerian Laur Negeri (Kemlu) Indonesia kesulitan mengevakuasi para Warga Negara Indonesia (WNI) dari kota itu.

Pemerintah Indonesia hingga kini terus mencari berbagai jalan untuk bisa mengevakuasi para WNI dari kota yang jadi medan tempur antara kelompok Houthi dengan pasukan loyalis Presiden Yaman yang dibantu koalisi Teluk itu.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Retno Marsudi menyatakan Indonesia memiliki dua opsi untuk mengevakuasi WNI di Aden, Yaman. Salah satu opsinya adalah bekerjasama dengan India, yang juga sedang berupaya mengevakuasi warganya dari Yaman.

"Opsi pertama menyiagakan kapal dari Dijobuti, opsi kedua kerjasama dengan India, yang kapalnya akan merapat di Aden. Dan melihat dari kapasitasnya memungkinkan untuk turut mengevakuasi warga kita di Aden," ucap Menlu Retno, Jumat (10/4/2015).

Menurutnya, opsi kedua mulai terbuka ketika dia melakukan komunikasi dengan Menteri Luar Negeri India semalam. Di mana, kedua Menlu sepakat untuk saling membantu dalam mengevakuasi warganya dari Aden.

Sementara itu, jumlah WNI yang meminta dievakuasi dari Aden terus bertambah. Sebelumnya, jumlah WNI yang berada di Aden sebanyak 89 orang. Namun, saat ini bertambah menjadi 111 orang.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1752 seconds (0.1#10.140)