ISIS Kembali Kuasai Kamp Pengungsi Palestina

Sabtu, 04 April 2015 - 19:13 WIB
ISIS Kembali Kuasai...
ISIS Kembali Kuasai Kamp Pengungsi Palestina
A A A
YARMOUK - Warga Palestina yang menghuni kamp pengungsi di Yarmuk dan mendapat bantuan dari pasukan pemberontak Suriah, sudah tidak bisa lagi membendung serangan-serangan yang dilancarkan ISIS. Kelompok radikal itu kembali menguasai kamp tersebut, setelah sebelumnya berhasil dipukul mundur oleh warga Palestina.

Observatorum Suriah untuk Hak Asasi Manusia melaporkan ISIS berhasil merebut 90 persen wilayah kamp Yarmuk, setelah melalui pertempuran sengit selama empat hari. Menurut Observatorium banyak warga sipil yang terjebak dalam pertempuran tersebut, dan tidak sedikit juga yang menjadi korban.

Melansir Reuters pada Sabtu (4/4/2015) sedikitnya terdapat 180 ribu warga Palestina yang berada di wilayah tersebut. Mereka rata-rata adalah warga Palestina yang mengungsi sejak tahun 1950-an, atau ketika Israel mulai melancarkan agresi ke wilayah Palestina.

Dua orang pengungsi Palestina, menurut Observatorium dieksekusi dengan cara dipenggal oleh ISIS ketika kelompok itu kembali menguasai Yarmuk. Sementara itu, ribuan orang kelaparan akibat pertempuran tersebut. Laporan-laporan ini mendapat kecaman keras dari Dewan HAM PBB.

"Situasi di Yarmouk adalah sebuah penghinaan terhadap kemanusiaan, terhadap kita semua, ini adalah sumber rasa malu universal. Yarmouk adalah tes, tantangan bagi komunitas internasional. Kita tidak boleh gagal. Kredibilitas sistem internasional itu sendiri yang dipertaruhkan," kata juru bicara UNRWA Chris Gunness.

Dengan dikuasai Yarmouk, berarti posisi ISIS terus mendekat ke ibukota Suriah, Damaskus. Pasalnya, wilayah tersebut berjarak hanya beberapa puluh kilometer dari pusat pemerintahan Suriah itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8198 seconds (0.1#10.140)