Indonesia Sambut Baik Kesepakatan Nuklir Iran

Sabtu, 04 April 2015 - 13:31 WIB
Indonesia Sambut Baik Kesepakatan Nuklir Iran
Indonesia Sambut Baik Kesepakatan Nuklir Iran
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyatakan menyambut baik tercapainya kesepakatan di Lausanne, Swiss atas kerangka yang akan menjadi dasar rencana aksi komprehensif bersama untuk program nuklir Iran.

Kemlu, dalam rilis yang diterima Sindonews pada Sabtu (4/4/2015) menyebut kesepakatan ini adalah bukti negosiasi atau dialog adalah jalur terbaik dalam menyelesaikan sebuah masalah, walaupun akan memakan waktu yang cukup panjang.

"Tercapainya kesepakatan tersebut setelah melalui perundingan yang sulit dan melelahkan membuktikan bahwa diplomasi dan dialog merupakan cara penyelesaian berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat internasional yang efektif," bunyi rilis Kemlu.

"Indonesia meyakini bahwa kesepakatan yang dicapai akan berkontribusi terhadap perdamaian dan stabilitas kawasan dan dunia," imbuhnya.

Pemerintah Indonesia, dalam rilis Kemlu mengharapkan kesepakatan ini bisa membuka pintu bagi kesepakatan-kesepakatan lainnya, yang pada akhirnya bisa membuat dunia bebas dari senjata nuklir. Seperti diketahui, selain Iran terdapat Korut yang juga disebut sedang mengembangkan teknologi nuklir, dan diduga sedang mengembangkan senjata dari teknologi tersebut.

"Kesepakatan tersebut mengingatkan kita semua pentingnya untuk meneruskan upaya bersama dalam menciptakan dunia yang bebas senjata nuklir. Indonesia menyerukan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam perundingan untuk senantiasa mengedepankan diplomasi dan dialog dalam menyelesaikan kesepakatan akhir terkait dengan program nuklir Iran tersebut." tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7072 seconds (0.1#10.140)