Iran Berpesta Sambut Kesepakatan Nuklir

Jum'at, 03 April 2015 - 17:21 WIB
Iran Berpesta Sambut Kesepakatan Nuklir
Iran Berpesta Sambut Kesepakatan Nuklir
A A A
TEHERAN - Ibukota Iran, Teheran mendadak ramai oleh konvoi puluhan kendaraan dan juga ratusan orang yang bertepuk tangan sembari menari-menari. Ini bukahkah sebuah festival, tapi sebuah perayaan atas tercapainya kesepakatan awal antara Iran dan negara P5+1 yang terdiri dari Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Rusia, dan China.

Behrang Alavi, seorang warga Iran yang turun ke jalanan Teheran menyatakan, mereka sangat senang dengan hasil yang dicapai. Menurut Alavi, dengan tercapainya kesepakatan ini, maka seluruh warga Iran bisa hidup dengan tenang dan damai.

Iran Berpesta Sambut Kesepakatan Nuklir


“Apapun hasil perundingan nuklir Iran, kini kami bisa hidup tenang seperti warga di negara lain. Semua orang senang atas hasil ini, kami sekarang adalah pemenang," ucapnya, seperti dilansir AP pada Jumat (3/4/2015).

Kesepakatan ini seperti membawa angin segar, bukan hanya bagi negara-negara Barat, tapi juga bagi Iran. Bagi Teheran, kesepakatan ini membuat mereka lepas dari sanksi-sanksi Barat yang selama ini mengungkung mereka.

Iran Berpesta Sambut Kesepakatan Nuklir


Dalam kesepakatan yang dicapai di Laussane, Swiss itu, Iran setuju untuk membatasi pengembangan dan penelitian nuklir, mengurangi jumlah pabrik penghasil uranium, serta membongkar semua reaktor yang berpotensi menghasilkan plutoniom. Kesepakatan ini dikabarkan akan berlaku setidaknya sampai 10 sampai 15 tahun ke depan
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4696 seconds (0.1#10.140)