AS Dukung Agresi Militer Saudi di Yaman

Kamis, 26 Maret 2015 - 13:40 WIB
AS Dukung Agresi Militer Saudi di Yaman
AS Dukung Agresi Militer Saudi di Yaman
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) tidak terlibat langsung dalam agresi militer Arab Saudi dan negara-negara Teluk di Yaman untuk melawan kelompok Houthi. Namun, AS mendukung agresi itu dengan memberi bantuan logistik dan data intelijen.

Dukungan AS itu disampaikan pihak Gedung Putih. ”Presiden Obama telah resmi menyediakan dukungan logistik dan data intelijen untuk operasi militer yang dipimpin negara-negara Teluk,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, Bernadette Meehan, dalam sebuah pernyataan. (Baca: Perang Dimulai, Saudi dan 9 Negara Teluk Bombardir Yaman)

Washington mengutuk kelompok Houthi yang merupakan sekutu Iran yang memusuhi Presiden Yaman, Abd Rabbu Mansour Hadi. AS mengaku menjalin hubungan erat dengan Arab Saudi dalam penanganan krisis Yaman. (Baca: Saudi Kerahkan 100 Jet Tempur dan 150 Ribu Tentara ke Yaman)

”Kami sangat mendesak kelompok Houthi untuk segera menghentikan aksi destabilisasi militer mereka dan kembali ke perundingan sebagai bagian dari dialog politik,” imbuh Meehan, seperti dikutip AFP, Kamis (26/3/2015). ”Masyarakat internasional telah berbicara dengan jelas melalui Dewan Keamanan PBB dan forum lain bahwa pengambilalihan Yaman melalui cara kekerasan oleh faksi bersenjata tidak dapat diterima.”

Dua senator senior AS dari Partai Republik, John McCain dan Lindsey Graham, juga mendukung serangan militer Saudi di Yaman. Namun, dua senator itu mengkritik kurangnya kepemimpinan AS dalam penanganan krisis Yaman. (Baca juga: Perang Yaman dan Perseteruan Sengit Iran-Saudi)

”Kami memahami mengapa Saudi dan mitra Arab lainnya merasa harus mengambil tindakan. Prospek kelompok radikal seperti al-Qaeda, serta militan yang didukung Iran, menemukan tempat aman di perbatasan,” ujar para sentor AS itu dalam sebuah pernyataan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9048 seconds (0.1#10.140)