Presiden Jokowi Anggap Lee Kuan Yew Teman Dekat RI

Senin, 23 Maret 2015 - 11:12 WIB
Presiden Jokowi Anggap Lee Kuan Yew Teman Dekat RI
Presiden Jokowi Anggap Lee Kuan Yew Teman Dekat RI
A A A
TOKYO - Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan duka cita yang mendalam atas wafatnya mantan Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Kuan Yew, di Singapore General Hospital, dini hari tadi (23/3/2015). Menurut Jokowi, Lee Kuan Yew adalah teman dekat Indonesia.

”Pemerintah dan rakyat Indonesia mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan, pemerintah, bangsa dan seluruh rakyat Singapura diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi suasana kedukaan pada saat ini,” kata Presiden Jokowi, dalam konperensi pers di Hotel Imperial, Tokyo, Jepang, hari ini, seperti dilansir dari situs resmi Sekretaris Kabinet Indonesia. (Baca: Lee Kuan Yew Meninggal Dunia)

Dalam jumpa pers di Jepang itu, Jokowi mengatakan, mendiang Lee Kuan Yew merupakan Bapak Pendiri Singapura modern. ”Sebagai seorang pemimpin dan negarawan besar yang mencintai rakyatnya, beliau juga dikenal sebagai salah satu tokoh politik berpengaruh di Asia,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menilai bahwa di bawah kepemimpinan Lee Kuan Yew, Singapura telah berhasil mentransformasikan diri menjadi kekuatan ekonomi utama di kawasan Asia dan sejajar dengan negara-negara maju lainnya. (Baca juga: Ikut Berduka, RI: Lee Kuan Yew Tokoh Besar Asia)

”Pemerintah dan rakyat Indonesia berkeyakinan bahwa Singapura akan dapat melalui masa sulit ini dan tumbuh berkembang sesuai aspirasi bangsa dan rakyatnya,” ujar Jokowi.

PM Singapura, Lee Hsien Long, yang juga putra Lee Kuan Yew meminta rakyatnya untuk mendiang ayahnya. Menurutnya, Lee Kuan Yew akan akan dimakamkan pada 29 Maret 2015 mendatang. Terhitung hari ini, hingga 29 Maret 2015 nanti Singapura menetapkan hari berkabung nasional.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6941 seconds (0.1#10.140)
pixels