Pesawat Myanmar Jatuhkan Bom di Wilayah China, 4 Tewas

Sabtu, 14 Maret 2015 - 11:31 WIB
Pesawat Myanmar Jatuhkan Bom di Wilayah China, 4 Tewas
Pesawat Myanmar Jatuhkan Bom di Wilayah China, 4 Tewas
A A A
BEIJING - Pesawat Myanmar menjatuhkan bom di wilayah China. Sebanyak empat warga China tewas terkena ledakan bom itu.

Pemerintah China pada Sabtu (14/3/2015) memanggil Duta Besar Myanmar di Beijing untuk menjelaskan insiden penjatuhan bom yang merenggut empat warga China. Demikian disampaikan Kementerian Luar negeri China.

Bom dari pesawat Myanmar itu jatuh pada hari Jumat kemarin di sebuah wilayah di dekat kota Lincang, sebelah barat daya Provinsi Yunnan, China. Media pemerintah China melaporkan selain empat orang tewas, sembilan orang lainnya terluka.

Insiden penjatuhan bom ini terjadi hanya beberapa hari setelah serangan militer Myanmar terhadap saparatis telah menyimpang dari perbatasan dan mengenai sebuah rumah warga di wilayah China.

Beijing telah mengecam aksi militer Myanmar yang telah menewaskan empat warganya. Wakil Menteri Luar Negeri China, Liu Zhenmin mendesak Dubes Myanmar, Thit Linn Ohn, untuk menyelidiki pemboman yang dilakukan pesawat Mynmar. Dia mendesak Myanmar mengambil tindakan untuk menjamin keamanan di wilayah perbatasan China dan Myanmar.

Pihak Myanmar sebelumnya menyatakan, serangan itu ditujukan kepada separatis Kokang Mynamar. Sementara itu, juru bicara Angkatan Udara China, Shen Jinke, seperti dilansir Reuters Sabtu (14/3/2015), mengatakan, Angkatan Udara telah mengirim pesawat untuk patroli di wilayah perbatasan untuk melindungi kedaulatan wilayah udara China.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7996 seconds (0.1#10.140)
pixels