Tikrit Hampir Dikuasai, Irak Mulai Lirik Mosul

Jum'at, 13 Maret 2015 - 20:22 WIB
Tikrit Hampir Dikuasai, Irak Mulai Lirik Mosul
Tikrit Hampir Dikuasai, Irak Mulai Lirik Mosul
A A A
TIKRIT - Pasukan gabungan Irak dikabarkan hampir berhasil merebut wilayah di Tirkit yang diduduki ISIS. Kini, pasukan Irak dilaporkan mulai melirik Mosul sebagai sasaran berikutnya. Mosul adalah kota pertama yang berhasil diduduki ISIS pada pertengahan tahun 2014 lalu.

Pasukan Irak, seperti dilansir IB Times, Jumat (13/3/2015), mengklaim sudah berhasil menguasai tiga perempat wilayah kelahiran mantan Presiden Irak, Saddam Hussein tersebut. Namun, walaupun sudah berhasil merebut mayoritas wilayah Tikir, pasukan gabungan Irak mengaku akan terus melakukan serangan hingga wilayah itu steril dari ISIS.

“Kami tidak mau ambil resiko apapun, Tikrit akan terus kami serang dari berbagai penjuru,” ucap Kepala Kepolisian wilayah Tikrit, Mayor Jendral Bahaa al-Azzawi dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, pemerintah Irak mengatakan, direbutnya Tikrit hanya sebuah langkah kecil dari rencana besar yang mereka siapkan untuk menendang ISIS dari wilayah mereka. "Mosul adalah target kami berikutnya, setelah Tikrit sepenuhnya bebas dari ISIS," ucap pihak pemerintah Irak dalam sebuah pernyataan.

Setidaknya, dalam beberapa pekan terakhir ISIS sudah mulai kehilangan kendali atas dua wilayah di Irak, yakni Tikrit dan Kirkuk. Bila di Tikrit mereka dihantam pasukan gabungan Irak, di Kirkuk kelompok radikal itu diserbu pasukan Kurdi yang dibantu oleh pasukan suku di wilayah itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6549 seconds (0.1#10.140)