Lagi, ISIS Ratakan Kota Kuno di Irak

Minggu, 08 Maret 2015 - 15:04 WIB
Lagi, ISIS Ratakan Kota Kuno di Irak
Lagi, ISIS Ratakan Kota Kuno di Irak
A A A
HATRA - ISIS dikabarkan kembali melakukan penghancurkan dan penjarahan sebuah kota kuno Irak. Setelah menghancurkan dan menjarah kota Asiria, kali ini kelompok radikal tersebut melakukan hal yang sama terhadap kota Hatra.

Kementerian Pariwisata dan Purbakala Irak dalam situsnya mengatakan, ISIS menghancurkan kota kuno tersebut dengan menggunakan kendaraan berat, buldoser. Kota Hatra, sepeti dilansir Al Jazeera, Minggu (8/3/2015), merupakan sebuah kota kuno yang berada di dekat Mosul, dan sudah dinyatakan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia.

Menurut salah seorang pewarta Al Jazeera yang berada di Irak, kondisi kota tersebut sudah benar-benar hancur. Tidak ada satupun bangunan yang masih berdiri di kota tersebut, seluruh bangunan rata dengan tanah.

"Ini serangan yang benar-benar menghancurkan. Ini adalah sisa-sisa dari peradaban dunia, dan ISIS telah menghancurkanya. Ini juga merupakan bukti lain bahwa ISIS akan menghancurkan apapun yang tidak sesuai dengan pandangan mereka," tulis laporan pewarta Al Jazeera tersebut.

Ini adalah kali ketiga ISIS menghancuran artefak-artefak kuno yang sudah menjadi warisan budaya dunia dalam kurun waktu satu bulan terakhir. Selain Asirian dan Hatra, ISIS juga mengancurkan patung-patung dari abad ketujuh di sebuah museum di kota Mosul.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4325 seconds (0.1#10.140)