Di Australia, Dubes Nadjib Jelaskan Alasan Eksekusi Mati

Rabu, 04 Maret 2015 - 09:39 WIB
Di Australia, Dubes Nadjib Jelaskan Alasan Eksekusi Mati
Di Australia, Dubes Nadjib Jelaskan Alasan Eksekusi Mati
A A A
PERTH - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Australia, Nadjib Riphat Mulia Kesoema, menjelaskan kepada publik di Australia bahwa alasan Indonesia mengeksekusi dua gembong narkoba Bali Nine sangat kuat. Eksekusi itu tidak bermaksud memicu kesenangan.

Dua gembong narkoba sindikat Bali Nine asal Australia, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran, pada hari ini (4/3/2015), akan dipindahkan ke Nusakambangan, Jawa Tengah. Mereka kemungkinan akan dieksekusi regu tembak Indonesia dalam beberapa hari ke depan. (Baca: Jelang Eksekusi Duo Bali Nine di Indonesia, PM Abbott Berontak)

Dalam sebuah forum bisnis di di Perth, Dubes Nadjib, menegaskan, bahwa sudah ada “diskusi yang kuat” sebelum Indonesia memutuskan untuk mengeksekusi para gembong narkoba.

”Kami tidak memicu kesenangan,” kata Dubes Nadjib. “(Alasan) Indonesia melakukan itu sangat, sangat kuat, melewati diskusi dan perdebatan tentang ini, dan saya percaya bahwa Anda akan melihat hasilnya dalam waktu dekat.” (Baca juga: Abbott: Eksekusi Bikin Jutaan Rakyat Australia Sakit Perut)

Menurut Nadjib, sekitar 1.500 orang yang meninggal setiap bulan karena nakorba. Dampak itu, kata dia, harus diingat semua pihak.

Dia mengaku memahami situasi yang menyedihkan terkait nasib dua warga Australia yang akan dieksekusi, tapi situasi yang sangat menyedihkan soal dampak kejahatan narkoba sangat dirasakan di Indonesia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6538 seconds (0.1#10.140)