Bishop: Komentar Bantuan Tsunami Abbott Tak Membantu

Selasa, 24 Februari 2015 - 11:51 WIB
Bishop: Komentar Bantuan...
Bishop: Komentar Bantuan Tsunami Abbott Tak Membantu
A A A
CANBERRA - Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, mengatakan komentar Perdana Menteri (PM) Tony Abbott yang mengaitkan bantuan tsunami 2004 dengan permohonan grasi untuk duo Bali Nine tidak membantu.

Indonesia telah bereaksi marah atas berbagai rentetan komentar pemimpin Australia yang bernada ancaman demi menyelamatkan dua warganya, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran dari eksekusi. Kementerian Luar Negeri Indonesia sudah menegaskan, ancaman bukan dari bahasa diplomatik.

Bishop menegaskan komentar Abbott tidak membantu Australia dalam memohon ampunan untuk duo Bali Nine itu. ”Hal itu terlihat di Indonesia dan itulah mengapa saya berbicara dengan Wakil Presiden (Jusuf) Kalla untuk membuatnya cukup jelas bahwa Perdana Menteri tidak berniat untuk menghubungkan (bantuan tsunami dengan hukuman mati),” kata Bishop, Selasa (24/2/2015).

”Apa yang ia (Abbott) tunjukkan adalah bahwa Australia selalu menjadi teman Indonesia, kami berada di sana ketika Indonesia membutuhkan kita. Wakil Presiden Kalla menyatakan, bahwa kata-kata itu yang harusnya disampaikan,” lanjut Bishop, seperti dilansir ABC.

Ditanya, apakah dia secara pribadi mengakui bahwa komentar Abbott tidak membantu, Bishop mengatakan; "Ya, begitulah seperti dilaporkan di media.” Menlu Bishop mengatakan pengacara Andrew Chan dan Myuran Sukumaran masih berusaha menyelamatkan duo Bali Nine itu setelah grasi mereka ditolak Presiden Indonesia, Joko Widodo.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6278 seconds (0.1#10.140)