ISIS Diduga Ingin Bakar Hidup-hidup 17 Pasukan Kurdi

Sabtu, 14 Februari 2015 - 10:58 WIB
ISIS Diduga Ingin Bakar...
ISIS Diduga Ingin Bakar Hidup-hidup 17 Pasukan Kurdi
A A A
KIRKUK - Kelompok ISIS mengarak 17 pasukan Kurdi di jalan-jalan yang ramai. Ke-17 pasukan Kurdi itu berada di dalam kerangkeng dan diduga akan dibakar hidup-hidup seperti nasib pilot Yordania, Mouath al-Kasaesbeh.

Belasan pasukan Pesmerga Kurdi tampak mengenakan jumpsuits oranye. Mereka tertunduk ketakutan di dalam kerangkeng dengan kondisi terbelenggu.

Aksi para militan Negara Islam Irak dan Suriah itu direkam dalam video dan telah disebar di media sosial. Setiap pasukan Kurdi yang disandera dalam kerangkeng, dijaga beberapa militan ISIS bersenjata AK-47. Para militan juga tidak lupa mengibarkan bendera khas ISIS warna hitam.

Parade yang dilakukan ISIS itu, berlangsung di Distrik Hawija, sebelah barat daya dari Kirkuk, Irak. Tindakan ISIS ini diduga sebagai balas dendam setelah pasukan Kurdi mengalahkan ISIS di Kobane awal Februari 2015.

Menurut Daily Mail, Sabtu (14/2/2015), dalam video berdurasi sekitar empat menit, tampak bahwa17 pasukan Kurdi didorong satu per satu di bak truk pick-up putih oleh militan ISIS bersenjata AK-47. ISIS tidak memberikan keterangan rinci dalam video itu, termasuk apakah belasan pasukan Kurdi itu benar-benar akan dibakar hidup-hidup atau tidak.

Video itu muncul hampir bersamaan dengan laporan bahwa ISIS telah menguasai wilayah Al-Baghdadi, Irak barat. ISIS bahkan meluncurkan serangan bom bunuh diri di pangkalan Irak barat, tempat 320 marinir Amerika Serikat bermarkas.

"Kami menilai bahwa saat ini mereka (ISIS) memiliki kontrol tehradap Al-Baghdadi,” kata juru bicara Pentagon, Laksamana John Kirby, dalam konferensi pers. Sebanyak 25 militan ISIS menyerang pangkalan udara Irak, namun hanya beberapa yang melakukan serangan bom bunuh diri.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9079 seconds (0.1#10.140)