ISIS Diprediksi Bisa Kuasai Pesisir Mediterania

Selasa, 10 Februari 2015 - 19:01 WIB
ISIS Diprediksi Bisa Kuasai Pesisir Mediterania
ISIS Diprediksi Bisa Kuasai Pesisir Mediterania
A A A
BENGHAZI - Mantan Perdana Menteri Libya, Ali Zeidan mengatakan, dengan kekuatan yang dimiliki saat ini, ISIS kemungkinan bisa menguasai seluruh pesisir Mediterania hanya dalam waktu beberapa bulan. Zeidan bahkan berani menyebut, ISIS mungkin hanya butuh waktu dua bulan untuk melakukannya.

Dirinya memperingatkan akan semakin meluasnya wilayah kekuasaan ISIS, yang menurutnya saat ini sudah mencapai Libya. Dirinya bertutur, hal ini bisa dihindari jika saja Barat mau membantu Libya untuk mengalahkan ISIS.

"Saya harap Barat dan seluruh masyarakat dunia menanggapi hal ini dengan serius. Libya memang dalam keadaan aman saat ini, namun ancaman masih mengintip dan kita tidak bisa membiarkan ancaman itu kembali muncul ke permukaan," ucap Ziedan, seperti dilansir Itar-tass, Selasa (10/2/2015).

"Bila tidak ditanggapi dengan serius, akan ada perang besar di Libya antara ekstrimis yang didukung ISIS, dengan pemerintah. Perang besar juga mungkin akan meluas hingga ke wilayah Eropa," kata mantan pemimpin Libya itu.

Beberapa kelompok ekstrimis di Libya memang telah mengucap sumpah setia pada ISIS. Salah satu adanya kelompok di wilayah Derna. Wilayah di pesisir pantai Mediterania ini hanya berjarak sekitar 300 Km dari Eropa, tepatnya Yunani. Hal ini lah yang menjadi kekhawatiran Zeidan.

ISIS sendiri secara resmi menyatakan kehadirannya di Libya dalam sebuah pesan video yang dirilis bulan lalu. Dalam video itu para pemimpin ISIS cabang Libya menyatakan niat mereka untuk memperluas pengaruh mereka di seluruh negeri.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6234 seconds (0.1#10.140)