Konflik dengan Perdana Menteri, Menlu Kanada Mundur

Selasa, 03 Februari 2015 - 13:40 WIB
Konflik dengan Perdana...
Konflik dengan Perdana Menteri, Menlu Kanada Mundur
A A A
OTTAWA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Kanada, John Baird, mengajukan pengunduran diri dari kabinet federal Kanada. Sumber di pemerintah Kanada menyebut, Menlu Baird mundur karena konflik dengan Perdana Menteri (PM) Stephen Harper.

Sebuah jajak pendapat menunjukkan PM Kanada ini kemungkinan besar akan kehilangan dukungan mayoritas di parlemen, bahkan bisa digulingkan. Sebab, dia dianggap tidak bisa mengelola konflik dengan anggota kabinet.

Seorang sumber yang dekat dengan Baird mengatakan Menlu berusia 45 tahun itu telah memulai karir baru setelah 20 tahun melayani publik.”Ini hanyalah waktu yang tepat untuk pindah,” kata sumber itu kepada Reuters, Selasa (3/2/2015) mengacu pada pengunduran diri Baird.

Pihak kantor Baird mengatakan, Menlu Kanada akan membuat pengumuman resmi pada pukul 10.00 (waktu Otawa) pada hari Selasa.

Secara terpisah, dua sumber politik di Kanada, mengatakan, hubungan Menlu Baird dengan PM Harper telah memburuk dalam beberapa bulan terakhir. Salah satu pemicunya soal kebijakan Kanada terhadap Rusia.

Baird, lanjut sumber itu, telah mendorong Ottawa untuk menjatuhkan sanksi sebagai “tamparan” untuk Presiden Rusia, Vladimir Putin terkait krisis Ukraina. Tapi, desakan Baird itu ditolak Harper. Penolakan itu diduga kuat karena Kanada memiliki hubungan bisnis dengan Putin.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0600 seconds (0.1#10.140)