Raja Yordania: Sampul Charlie Hebdo Penghinaan ke Umat Islam!

Jum'at, 16 Januari 2015 - 13:16 WIB
Raja Yordania: Sampul...
Raja Yordania: Sampul Charlie Hebdo Penghinaan ke Umat Islam!
A A A
AMMAN - Raja Yordania, Abdullah II, mengatakan majalah Charlie Hebdo tak bertanggung jawab dan sembrono dengan menerbitkan edisi bersampul kartun Nabi Muhammad. Sampul itu, dia anggap sebagai penghinaan terhadap umat Islam.

Dalam sampul itu, kartun Nabi Muhammad ditampilkan menangis dengan membawa tanda bertuliskan “Je Suis Charlie” yang bermakna “Saya Charlie”. Judul edisi majalah itu tepat ditulis di atas kartun Nabi Muhammad dengan bunyi “Semua Dimaafkan”.

Menurut Raja Abdullah, dengan memajang ilustrasi Nabi Muhammad, majalah Charlie Hebdo seolah-olah ingin mengatakan bahwa Nabi Muhammad mendukung kebebasan berbicara yang dianut majalah satir di Paris itu.

“Kelanjutan dari penerbitan kartun itu merupakan penghinaan terhadap perasaan umat Islam di mana-mana!,” bunyi pernyataan Raja Abdullah yang dikeluarkan pihak Istana Yordania, seperti dilansir Daily Star, semalam.

“Itu adalah (tindakan) tidak bertanggung jawab, sembrono dan ceroboh. Salah satu dari prinsip-prinsip dasar kebebasan berekspresi adalah menghormati agama, bukan penghinaan yang disengaja,” lanjut pernyataan Raja Abudullah.

Raja Yordania itu lantas menyerukan upaya dialog konstruktif berbagai pihak untuk meningkatkan perwujudan nilai-nilai penghormatan dan kasih sayang secara umum. Dialog itu, lanjut dia, dibutuhkan untuk situasi saat ini.

Kantor majalah itu pada 7 Januari 2015 diserang para pria bersenjata yang menewaskan 12 orang, termasuk Pemred majalah itu. Para penyerangnya berdalih aksinya sebagai dendam karena majalah itu tahun 2011 dan 2012 menghina Nabi Muhammad dengan kartun-kartun yang mereka terbitkan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1005 seconds (0.1#10.140)