Gawat! ISIS Hanya Berjarak 32 Km dari Aleppo

Jum'at, 16 Januari 2015 - 10:10 WIB
Gawat! ISIS Hanya Berjarak 32 Km dari Aleppo
Gawat! ISIS Hanya Berjarak 32 Km dari Aleppo
A A A
ALEPPO - Ekspansi kelompok ISIS di Suriah semakin mengakhawatirkan. Duta PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura, mengatakan ISIS kini hanya berjarak 20 mil atau sekitar 32 Km dari Aleppo, Suriah.

Aleppo merupakan kota terbesar kedua di Suriah. Mistura mengungkapkan kekhawatiran itu pada Kamis kemarin.

”Saya hanya bertekad untuk meningkatkan kenyataan bahwa Aleppo tidak dapat ditinggalkan,” kata Mistura. Dia bersumpah untuk menekan upaya untuk gencatan senjata antara pasukan pemerintah dan oposisi Suriah di kota Aleppo.

”Kami terlibat dalam diskusi yang intens dengan pemerintah dan oposisi mengenai gencatan senjata,” ujarnya. Mistrura merupakan diplomat Swedia-Italia yang ditunjuk sebagai Duta PBB di Suriah pada bulan Juli 2014. ”Aleppo adalah simbol mikrokosmos untuk semua Suriah,” ucapnya, seperti dikutip Al Arabiya, semalam.

“Ini sangat (mengkhawatirkan),karena (Aleppo) memiliki jumlah tertinggi pengungsi, setelah dua tahun menderita,” imbuh dia.

Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) selama diketahui menguasai wilayah Raqqa, Suriah. Jika kelompok itu sampai ekspansi ke Aleppo, maka kekacauan di Suriah akan semakin bertambah.

Mistura melanjutkan, konflik Suriah telah membuat jutaan orang mengungsi. Kota Aleppo, yang merupakan kota kuno di Suriah telah diperebutkan pasukan Presiden Bashar al-Assad dengan pasukan pemberontak Suriah sejak perang sipil pecah tahun 2011.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5821 seconds (0.1#10.140)