Bahas Nuklir, Korut Siap Temui AS

Rabu, 14 Januari 2015 - 12:50 WIB
Bahas Nuklir, Korut Siap Temui AS
Bahas Nuklir, Korut Siap Temui AS
A A A
PYONGYANG - Pemerintah Korea Utara (Korut) dikabarkan siap untuk melakukan pertemuan dengan pihak Amerika Serikat (AS). Pertemuan ini akan membahas mengenai usulan AS agar Korut menangguhkan uji coba nuklir yang akan dilakukan tetangga Korea Selatan (Korsel) itu.

"Kami siap, pemerintah Korut siap untuk menjelaskan langsung proposal yang telah kami ajukan kepada pemerintah AS," ucap Wakil Duta Besar Korut untuk PBB An Myong Hun. "Kami siap, jika AS benar-benar ingin penjelasan rinci mengenai proposal yang telah kami ajukan," imbuhnya.

Melansir Tolonews, Rabu (14/1/2015), AS sebelumnya telah menolak proposal yang diajukan oleh Korut tersebut. Dalam proposalnya Korut menyatakan siap untuk menunda atau bahkan menghentikan uji coba nuklir, asalkan AS menghentikan latihan perang bersama Korsel di semenanjung Korea.

"Jika usulan kami diterima oleh AS, maka akan banyak hal terjadi pada tahun ini. Saya tidak ingin berpikir terlalu jauh dahulu, tapi saya meyakini akan banyak hal terjadi pada tahun ini," An Myong menambahkan.

Menurut An Myong, proposal yang diajukan oleh pihaknya akan memberikan dampak positif, bukan hanya pada kondisi di semenanjung Korea, tapi juga pada hubungan antara Korut dan Korsel. "Ini (proposal) bisa membuka jalan perubahan di semenanjung Korea," pungkasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4953 seconds (0.1#10.140)