Rusia: Nato Desak Ukraina untuk Lepas Status Non-Blok

Rabu, 24 Desember 2014 - 18:12 WIB
Rusia: Nato Desak Ukraina untuk Lepas Status Non-Blok
Rusia: Nato Desak Ukraina untuk Lepas Status Non-Blok
A A A
MOSKOW - Pemerintah Rusia menyalahkan NATO terkait keputusan Ukraina melepaskan status non-blok mereka. Rusia menilai, NATO terus memberikan tekanan kepada Ukraina agar melepaskan diri dari status yang sudah lama mereka pegang tersebut.

“Negara-negara anggota NATO terus mendorong Kiev untuk mengambil keputusan kontra produktif ini. NATO berusaha untuk mengubah Ukraina menjadi garda terdepan dalam melakukan perlawanan terhadap Rusia,” ucap Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Anatoly Antonov.

Antonov, seperti dilansir Reuters, Rabu (24/12/2014), turut menyatakan apa yang telah dilakukan Ukraina betolak belakang apa yang negara tersebut inginkan. Ukraina menginginkan kedamaian di wilayah mereka, namun dengan melepas status non-blok justru akan memperkeruh suasan.

“Keputusan Parlemen Ukraina yang akhirnya melepaskan status non-blok mereka, justru akan mempersulit situasi yang ada saat ini,” Antonov menambahkan. Keputusan Parlemen Ukraina ini diambil menjelang negoisasi damai lanjutan dengan pihak separatis.

Sebelumnya, hal senada diutakan oleh Duta Besar Rusia untuk NATO, Alexander Grushko. Menurutnya, keputusan Parlemen Ukraina yang melepaskan status non-blok akan memicu peningkatan potensi konflik di Eropa.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6032 seconds (0.1#10.140)