Rusia Desak Dialog Ukraina-Separatis

Kamis, 11 Desember 2014 - 21:19 WIB
Rusia Desak Dialog Ukraina-Separatis
Rusia Desak Dialog Ukraina-Separatis
A A A
MOSKOW - Pemerintah Rusia mendesak pemerintah Ukraina untuk segera mengadakan pertemuan dengan perwakilan separatis untuk melanjutkan negoisasi damai yang sempat tertunda. Rusia yang merupakan bagian dari kelompok kontak yang berada dalam Organiasasi Kerjasama dan Keamanan Eropa atau OSCE menyatakan siap membantu terealisasinya negoisasi lanjutan ini.

"Rusia akan berusaha semaksimal mungkin agar pertemuan kelompok kontak dapat diselenggarakan sesegera mungkin dan membawa hasil positif untuk langkah-langkah lebih lanjut dalam merealisasikan perjanjian Minsk," ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Alexander Lukashevich.

Lukashevich menegaskan dalam negoisasi terbaru, pembicaraan harus fokus pada menyetujui garis demarkasi antara kedua pihak yang bertikai dan juga membahas mengenai pertukaran tahanan yang sudah berjalan beberapa tahap.

Melansir Reuters, Kamis (11/12/2014), sebenarnya pertemuan itu akan direncanakan kemarin malam. Namun, pemerintah Ukraina dikabarkan menolak adanya pertemuan tersebut karena kondisi di Ukraina timur belum memungkinkan adanya pertemuan lanjutan tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, pemerintah Ukraina menyatakan, mereka tidak akan bersedia mengirimkan perwakilan untuk melanjutkan negoisasi tersebut jika pihak separatis masih terus melakukan serangan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6728 seconds (0.1#10.140)