Pembahasan Resolusi Konflik di Ukraina Akan Segera Dilakukan

Selasa, 09 Desember 2014 - 15:40 WIB
Pembahasan Resolusi...
Pembahasan Resolusi Konflik di Ukraina Akan Segera Dilakukan
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, menyatakan kelompok kontak yang terdiri dari perwakilan Rusia, Ukraina, Organisasi Kerjasama dan Keamanan Eropa (OSCE), serta separatis akan segera melakukan pertemuan dalam beberapa hari ke depan.

Melansir Reuters, Selasa (9/12/2014), pertemuan ini rencananya akan membahas mengenai pembentukan resolusi guna menghentikan konflik di wilayah Ukraina. Salah satu agenda utama adalah penegakan gencatan senjata di Ukraina timur, sebagai langkah awal upaya damai.

"Dalam beberapa hari mendatang, pertemuan kelompok kontak rencananya akan digelar, di mana akan dibahas beberapa rencana untuk menekan gencatan senjata, dengan tujuan akhir penghentian konflik di Ukraina,” ucap Lavrov.

Rencana ini digelar paska tercapainya kesepakatan antara pihak Ukraina dan separatis pro-Rusia untuk penghentian segala macam kegiatan militer di wilayah Ukraina timur selama 24 jam, yang dimulai siang ini.

Kelompok kontak yang berada di bawah naungan OSCE sendiri telah beberapa kali mengadakan pertemuan. Salah satu pertemuan mereka yang membuahkan hasil paling besar adalah pertemuan yang berlangsung di Minsk, awal September lalu. Dalam pertemuan itu tercapai kerangka proses gencatan senjata antara separatis dan pemerintah Ukraina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1323 seconds (0.1#10.140)