Iran Gempur ISIS, Menlu Amerika Salut

Kamis, 04 Desember 2014 - 10:43 WIB
Iran Gempur ISIS, Menlu Amerika Salut
Iran Gempur ISIS, Menlu Amerika Salut
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry salut dengan aksi militer Iran yang ikut menggempur ISIS. Kerry menilai aksi Iran sebagai tindakan positif.

Pujian Kerry itu muncul beberapa jam setelah Pentagon menyatakan bahwa Iran telah menggempur basis kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Irak.

“Kami memiliki indikasi bahwa mereka memang meluncurkan serangan udara dengan (pesawat jet) F-4 Phantom selama beberapa hari terakhir,” kata Juru bicara Pentagon, Laksamana John Kirby, kepada AFP.

Kirby memasrahkan pengawasan serangan Iran itu kepada Pemerintah Irak, karena serangan Iran tidak masuk dalam koordinasi koalisi yang dipimpin AS.

”Kami melakukan misi (serangan terhadap ISIS) di Irak. Kami berkoordinasi dengan Pemerintah Irak karena kami melakukan itu. Terserah kepada Pemerintah Irak terkait aksi di wilayah udaranya,” ujar Kirby.

Sementara itu, Gedung Putih, tetap tegas menolak kerjasama apa pun dengan Iran. ”Pada titik ini, terkait kebijaksanaan untuk bekerja sama dengan Iran tidak berubah. Kami tidak akan melakukannya,” kata juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest, seperti dikutip Reuters, Kamis (4/12/2014).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4492 seconds (0.1#10.140)