Canggih, Geng 'James Bond' Selundupkan Kokain Pakai Kapal Selam

Rabu, 12 November 2014 - 15:52 WIB
Canggih, Geng James Bond Selundupkan Kokain Pakai Kapal Selam
Canggih, Geng 'James Bond' Selundupkan Kokain Pakai Kapal Selam
A A A
STOCKHOLM - Geng narkoba asal Belanda mencoba menyelundupkan kokain yang diimpor dari Kolombia senilai £16 juta atau sekitar Rp311 miliar ke Skotlandia dengan kapal selam.

Saking canggihnya, aparat penegak hukum di Skotlandia menjuluki mereka sebagai geng “James Bond”. Geng narkoba canggih itu terdiri dari empat warga Belanda. Mereka dituduh menyelundupkan kokain kelas A.

Pengacara empat tersangka, Paul Mitchell, mengatakan, kasus itu melibatkan Henri van Doesburg, 68, anaknya Roderick, 23, cucunya Darryl-Jay, 22, dan pria lain bernama Arnold van Milt, 49. Semuanya terlibat dalam dugaan konspirasi penyelundupan narkoba.

Mitchell, mengatakan tiga anak muda dalam geng itu menggunakan peralatan kapal selam dengan maksud untuk menghindari “musuh” mereka dalam bisnis narkoba.

Dalam penyelidikan polisi di Skotlandia menemukan perahu karet yang di dalamnya terdapat pakain menyelam. ”Peralatan yang Anda lihat mungkin telah terlihat seperti yang digunakan oleh James Bond dan musuh-musuhnya, jika ingin melakukan perjalanan di bawah laut dengan kecepatan tinggi,” kata Mitchell, seperti dikutip Daily Mail, Rabu (12/11/2014).

Kapal selam canggih yang digunakan geng nerkoba itu bernama kapal selam Seabob. Sejenis kendaraan bermotor yang dirancang untuk memungkinkan penyelam melakukan perjalanan jarak jauh.

Menurut pengadilan, empat terdakwa itu melakukan perjalanan dari Rotterdam, Belanda. Kemudian mereka berhenti di Cleethorpes, North East Lincolnshire, sebelum melanjutkan perjalanan ke Skotlandia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3547 seconds (0.1#10.140)