Dicurigai Membunuh, Wanita India Diarak Setengah Telanjang

Selasa, 11 November 2014 - 09:04 WIB
Dicurigai Membunuh, Wanita India Diarak Setengah Telanjang
Dicurigai Membunuh, Wanita India Diarak Setengah Telanjang
A A A
RAJSAMAND - Seorang wanita dilucuti sebagian pakaiannya dan diarak dengan keledai mengitari desa setelah dicurigai membunuh keponkannya.

Para pemuka desa juga mempermak wajah wanita itu dengan debu batubara sampai terlihat hitam dan menggunting rambutnya. Tindakan di wilayah Rajsamand, India utara itu diklaim sebagai hukuman terhadap wanita tersebut.

Sudhir Joshi, petugas polisi setempat mengatakan, sebanyak 39 orang yang sebagian besar pemuka desa menangkap wanita itu atas insiden pembunuhan yang terjadi Sabtu malam lalu.

Wanita itu dituduh oleh dewan desa membunuh keponakannya, yang meninggal beberapa waktu sebelumnya. ”Wanita berusia sekitar 40 tahun itu ada di rumahnya, ketika beberapa warga desa menyerbu ke dalam rumah dan menariknya keluar pada Sabtu malam,” kata Joshi.

”Mereka memotong rambutnya, wajahnya dihitamkan dan ditelanjangi sebagian. Kemudian mereka menaikkannya di atas keledai dan mengarak dia di desa selama sepuluh menit,” lanjut Joshi, seperti dikutip Al Arabiya, Selasa (11/11/2014).

”Itu terjadi setelah pertemuan panchayat (tetua desa). Hukuman kejam itu dijatuhkan kepada wanita hanya karena dicurigai (membunuh),” sambung Joshi.

Wanita itu sekarang sedang dirawat oleh anggota keluarganya. Para pemuka desa yang dikenal dengan sebutan “Khap panchayat” di India utara kerap menjatuhkan hukum kejam tanpa diadili.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3682 seconds (0.1#10.140)