Inggris Tolak Rerefendum Catalonia

Senin, 10 November 2014 - 19:51 WIB
Inggris Tolak Rerefendum Catalonia
Inggris Tolak Rerefendum Catalonia
A A A
LONDON - Referendum yang berlangsung di Catalonia bukan hanya mendapat penolakan dari dalam negeri, melainkan juga dari luar negeri. Salah satu negara yang turut menolak referendum tersebut adalah Inggris.

"Inggris adalah teman dan sekutu besar Spanyol dan kami ingin Spanyol untuk tetap bersatu dan Catalan tetap bersama dengan Spanyol,” ucap Perdana Menteri Inggris, David Cameron, seperti dilansir Reuters, Senin (10/11/2014).

Namun, Cameron menyebut referendum yang terjadi di Catalonia dan Skotlandia adalah dua hal yang berbeda. Referendum yang berlangsung di Skotlandia adalah hal yang legal, sedangkan di Catalonia adalah hal yang ilegal, karena tidak mengikuti prosedur yang ada.

"Keyakinan kami tentang referendum, adalah hal-hal ini harus dilakukan melalui kerangka konstitusi dan hukum yang tepat,” kata Cameron. “Hal ini harus dilakukan sesuai dengan hukum dan konstitusi yang ada,” tambahnya.

Referendum di Catalonia yang berlangsung kemarin akhirnya menghasilan suara bulat, bahwa wilayah itu ingin lepas dari Spanyol. Namun, karena referendum ini bukanlah referendum resmi, maka hasil referendum tersebut tidak memiliki pengaruh apapun.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5564 seconds (0.1#10.140)