Rumah Pemimpinnya Dibom, Fatah Salahkan Hamas

Sabtu, 08 November 2014 - 10:47 WIB
Rumah Pemimpinnya Dibom, Fatah Salahkan Hamas
Rumah Pemimpinnya Dibom, Fatah Salahkan Hamas
A A A
RAMALLAH - Ledakan bom sebanyak 10 kali mengguncang rumah dan mobil salah satu pemimpin Fatah, kemarin. Faksi pimpinan Presiden Mahmoud Abbas itu menyalahkan Hamas atas serangan tersebut.

Rumah salah satu pemimpin Hamas yang diserang rangkaian bom itu berlokasi di Jalur Gaza.

”Komite pusat Fatah mengutuk kejahatan yang berlangsung terhadap para pemimpin dan meletakkan tanggung jawab atas kejahatan tersebut kepada Hamas,” kata pejabat senior Fatah, Nasser al-Qidwa, dalam konferensi pers di Kota Ramallah, Tepi Barat.

Dalam rangkain serangan bom tersebut tidak ada korban jiwa. Hussein al-Sheikh, anggota senior Fatah lainnya, mengatakan; "Tidak diragukan lagi dari kenyataan bahwa Hamas memikul tanggung jawab atas apa yang terjadi kepada para pemimpin Fatah di Gaza.”

Hamas digulingkan loyalis Abbas dari Gaza pada tahun 2007. Namun, Hamas saat itu membentuk pemerintah tandingan. Namun, awal tahun ini Hamas dan Fatah sepakat berekonsiliasi dan membentuk pemerintah persatuan nasional.

Serangan bom itu berlangsung menjelang peringatan kematian mantan pemimpin Palestina, Yasser Arafat.

Perdana Menteri Palestina, Rami Hamdallah dan para menteri lainnya di kabinet pemerintah persatuan Palestina membatalkan rencana kunjungan mereka ke Jalur Gaza menyusul serangan tersebut.

Sementara itu, Wakil Kepala Politbiro Hamas, Moussa Abu Marzouq, mengutuk serangan itu. Dia mendesak faksi-faksi politik di Palestina untuk berhati-hati dalam menuduh atau menyalahkan kelompok tertentu, termasuk Hamas.

”Sebuah pertemuan darurat antara faksi-faksi Palestina harus dilakukan untuk mengutuk serangan itu dan bersatu di belakang untuk mendukung Fatah,” kata Abu Marzouq, seperti dikutip kantor berita Ma’an, semalam
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7609 seconds (0.1#10.140)
pixels