Nekat Nonton Voli Pria, Wanita Iran Dihukum Penjara 1 Tahun

Minggu, 02 November 2014 - 16:22 WIB
Nekat Nonton Voli Pria, Wanita Iran Dihukum Penjara 1 Tahun
Nekat Nonton Voli Pria, Wanita Iran Dihukum Penjara 1 Tahun
A A A
TEHERAN - Aksi Ghoncheh Ghavami (25) untuk bisa bebas dari jeratan hukum dengan melakukan mogok makan beberapa waktu lalu, nampaknya tidak membuahkan hasil apapun. Wanita cantik keturunan Inggris-Iran ini pun harus pasrah setelah pengadilan menjatuhkan hukuman penjara satu tahun kepadanya.

"Menurut putusan hakim dia dijatuhi hukuman satu tahun," ungkap pengacara Ghavami, Alizadeh Tabatabaie. Namun, Tabatabaie menyatakan pihak pengadilan tidak memberikan rincian lebih lanjut mengapa kliennya bisa dihukum selama itu hanya karena menonton voli.

Melansir Al Arabiya, Minggu (2/11/2014), dirinya dihukum penjara hanya karena menonton pertandingan bola voli pria. Wanita cantik yang merupakan sarjana hukum itu sudah mendekam di penjara Evin, Teheran sejak Juni 2014 lalu.

Keputusan pengadilan Iran ini mendapat penolakan keras dari sahabat dan keluarga Ghavami. Mereka meminta kejelasan mengapa Ghavami bisa dihukum penjara selama itu, padahal dia tidak melakukan kejahatan.

Kepala polisi Iran, Jenderal Esmail Ahmadi Moghaddam menyatakan, dalam hukum Iran tidak diperkenankan bagi seorang wanita untuk menghadiri sebuah acara yang didominasi oleh pria. “Itu hukum yang berlaku di negara kami,” ucap Esmail, menjelaskan mengapa Ghavami dikenai hukuman tersebut.

Di Iran, wanita juga dilarang menghadiri pertandingan sepak bola. Para pejabat setempat beralasan hukum ini dibuat semata-mata untuk melindungi kaum wanita dari perilaku cabul yang kemungkinan mereka dapat dari para penonton laki-laki.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6131 seconds (0.1#10.140)