Korupsi, Salah Satu Isu Utama di BDF

Sabtu, 11 Oktober 2014 - 21:59 WIB
Korupsi, Salah Satu Isu Utama di BDF
Korupsi, Salah Satu Isu Utama di BDF
A A A
NUSA DUA - Korupsi dianggap sebagai sebuah penyakit yang menjadi penyebab utama kehancuran sebuah negara. Tema ini juga yang menjadi salah satu pembahasan utama dalam Bali Democarcy Forum (BDF) ketujuh di Nusa Dua, Bali.

“Isu mengenai korupsi, baik di level dalam negeri maupun di level internasional. Jika kita memiliki masyarakat demokrasi, pemberantasan korupsi adalah hal yang utama,” ungkap Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mahmoud Farazandeh, Sabtu (11/10/2014).

“Jadi, komunitas internasional tidak akan menjadi komunitas yang korup. Ini akan menjadi (komunitas) yang adil, dan logis,” tambahnya. Hal serupa juga diutarakan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia, Dino Patti Djalall, dirinya menyebut masalah utama banyak negara saat ini adalah korupsi.

“Secara garis besar kenapa ekonomi dan politik tidak bisa berjalan bersamaan? Jawabnya adalah kepemimpinan dan korupsi,” ucap Dino. “Bila suatu negara pembangunannya tinggi, tapi korupsinya juga tinggi, nanti lama-lama negaranya akan keropos dan ekonominya susah tumbuh,” tambahnya.

Dino menyatakan, fokus utama pembahasan di BDF hari terakhir ini adalah mengenai pengembagan politik dan ekonomi secara bersamaan. “Ini kan yang sesuatu yang sulit, banyak negara yang demokrasinya tinggi tapi ekonominya lemah. Atau, negara yang pembangunannya luar biasa tapi demokrasinya lemah,” imbuhnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4153 seconds (0.1#10.140)