China Puji Perkembangan Demokrasi di Indonesia

Jum'at, 10 Oktober 2014 - 17:12 WIB
China Puji Perkembangan Demokrasi di Indonesia
China Puji Perkembangan Demokrasi di Indonesia
A A A
NUSA DUA - Perkembangan demokrasi di Indonesia yang terbilang cukup cepat mendapatkan pujian dari banyak negara. Salah satu negara yang turut memberikan pujian terhadap kemanjuan demokrasi di Indonesia adalah China.

"Politik demokrasi telah membuat kemajuan yang brilian di tengah-tengah stabilitas di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Indonesia telah berhasil menyelesaikan pemilu tahun ini untuk badan legislatif dan pemilihan presiden," kata Perwakilan Menteri Luar Negeri China, Duta Besar Lu Shumin, Jumat (10/10/2014), pada Sindonews di Nusa Dua, Bali.

Dalam sudut pandangnya, keberhasilan Indonesia dalam menjalankan demokrasi merupakan salah satu contoh sukses dari pembangunan politik di antara negara-negara Asia. China berharap demokrasi di negara-negara berkembang di Asia terus melangkah maju.

"China dengan tulus berharap agar sebagian besar negara berkembang, termasuk Indonesia, tetap memiliki stabilitas dan kelancaran sepanjang proses menuju kemajuan demokrasi," ucap Shumin, saat menghadiri pagelaran Bali Democracy Forum (BDF).

Menurut Shumin, bentuk kemanjuan dari demokrasi itu adalah adanya pemilihan yang demokratis, pembuatan kebijakan yang demokratis, pemerintahan yang demokratis, pengawasan demokratis, serta supremasi hukum dan transparansi politik.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8092 seconds (0.1#10.140)