Biden: Sekutu AS di Timur Tengah Penyebab Munculnya ISIS

Sabtu, 04 Oktober 2014 - 18:31 WIB
Biden: Sekutu AS di...
Biden: Sekutu AS di Timur Tengah Penyebab Munculnya ISIS
A A A
WASHINGTON - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menyebut kehadiran ISIS di Timur Tengah diakibatkan oleh ulah sekutu-sekutu AS di wilayah tersebut.

Biden menyatakan, kegilaan beberapa negara Arab untuk menjatuhkan rezim Bashar al-Assad menjadi faktor kuncul munculnya ISIS. “Mereka mendukung para kaum ekstrimis yang melakukan pemberontakan terhadap rezim Assad dengan uang dan senjata,” ungkap Biden, seperti dilansir Russia Today, Sabtu (4/10/2014).

“Masalah terbesar AS di Timur Tengah adalah sekutu kami sendiri. Negara-negara seperti Turki, Arab Saudi dan UEA begitu bertekad untuk menjatuhkan Assad,” tambahnya. Biden mengatakan, sangat sulit untuk meminta negara-negara tersebut menghentikan pasokan senjata dan uang kepada para pemberontak.

"Sayangnya, kami tidak bisa meyakinkan rekan-rekan kami untuk berhenti memasok mereka (militan), dan sekarang kita bisa melihat hasil dari kebijakan yang diambil oleh rekan-rekan kami,” jelas Biden, mengacu pada keberadaan ISIS yang semakin meluas.

Sekarang, jelas Biden, negara-negara yang dahulu mendukung pemberontak anti-Assad terkena tamparan keras. Mereka sadar, pihak yang dahulu mereka dukung kini menjelma menjadi sebuah organisasi teror yang harus mereka lawan, yang dikenal dengan nama ISIS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0629 seconds (0.1#10.140)