Hong Kong Memanas, 41 Terluka, 78 Orang Ditangkap

Senin, 29 September 2014 - 12:08 WIB
Hong Kong Memanas, 41 Terluka, 78 Orang Ditangkap
Hong Kong Memanas, 41 Terluka, 78 Orang Ditangkap
A A A
HONG KONG - Demonstrasi menuntut Pemilu langsung di Hong Kong semakin memanas pada Senin (29/9/2014). Hingga siang ini, 41 orang dilaporkan terluka, dan 78 demonstran lainnya ditangkap polisi.

Demo besar-besaran kembali terjadi hari ini, setelah semalam demonstran dan polisi bentrok. Para demonstran ditembaki oleh polisi anti-huru hara dengan gas air mata.

Menurut Reuters ribuan pengunjuk rasa berduyun-duyun turun ke jalan pagi ini. Setidaknya 38 orang terluka dan dibawa ke rumah sakit sehari setelah puluhan ribu orang bergabung dalam protes demo menduduki pusat Kota Hong Kong.

Selain gas air mata, polisi diketahui juga menggunakan semprotan merica untuk melawan para pendemo. (Baca: Bentrok, Demonstran Hong Kong Teriaki Polisi "Malu!")

Leung Kwok-hung, demonstran pro-demokrasi kepada CNN menuliskan pesan kepada dunia. “Tuntutan kami tidak berubah. Ini adalah protes pembangkangan warga sipil secara damai,” katanya.

Untuk menghalau tembakan gas air mata dan semprotan merica, para demonstran menggunakan payung, kaca mata dan masker plastik.

“Ini saatnya kita benar-benar menunjukkan bahwa kita ingin bebas dan tidak menjadi budak. Kita harus bersatu bersama-sama,” kata Joseph Zen, 82, mantan Uskup Katolik Hong Kong, kepada Reuters.

Sekitar 80.000 orang telah berkumpul, untuk melakukan demo terbesar sejak China mengambil alih Hong Kong dari Inggris dua dekade lalu. Suara protes terhadap pemerintah China yang menolak tuntutan Pemilu langsung rakyat Hong Kong 2017 juga bermunculan di media sosial Twitter.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4491 seconds (0.1#10.140)