PBB: 3500 Orang Tewas Akibat Konflik di Ukraina

Rabu, 24 September 2014 - 16:13 WIB
PBB: 3500 Orang Tewas...
PBB: 3500 Orang Tewas Akibat Konflik di Ukraina
A A A
JENEWA - Konflik yang terjadi di Ukraina timur diprediksi menimbulkan kerugian yang sangar besar bagi Ukraina. Bukan hanya kerugian material, tetapi juga kerugian dari sisi kemanusiaan, di mana ribuan orang menjadi korban akibat konflik tersebut.

Melansir Itar-tas, Rabu (24/9/2014), asisten Sekertaris Jenderal PBB untuk bidang Hak Asasi Manusia, Ivan Simonovic mengatakan, lebih dari 3.000 orang tewas akibat konflik tersebut. “Korban tewas akibat konflik Ukraina telah mencapai 3.543 orang, termasuk korban pesawat MH17,” ucap Simonovic.

Simonovi juga mengatakan, jumlah pengungsi akibat konflik di Ukraina mencapai 250 ribu orang. “Menurut data resmi yang saya dapat, jumlah pengungsi di Ukraina timur jauh dari yang kita bayangkan. Setidaknya 275 ribu orang mengungsi akibat konfik itu,” ucapnya.

Menurutnya, data-data tersebut mungkin saja tidak terlalu akurat. Dia berpendapat banyak pengungsi yang tidak memilik untuk mendaftarkan diri kepada otoritas setempat saat menyambangi lokasi penampungan.

“Angka sebenarnya, baik jumlah pengungsi atau jumlah korban mungkin lebih tinggi dari data yang kita miliki,” ungkap Smonovic. PBB sendiri masih melakukan pendataan dan penyelidikan untuk mencari tahu jumlah pasti korban tewas dan pengungsi di Ukraina timur.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1021 seconds (0.1#10.140)