PKK Kurdi Turki Serukan Perlawanan Terhadap ISIS

Senin, 22 September 2014 - 21:13 WIB
PKK Kurdi Turki Serukan Perlawanan Terhadap ISIS
PKK Kurdi Turki Serukan Perlawanan Terhadap ISIS
A A A
ANKARA - Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di Turki menyerukan kepada seluruh warga Kurdi untuk bersatu melawan ISIS. Mereka meminta semua warga Kurdi, baik Turki, Irak atau Suriah untuk menyatukan kekuatan dan melawan anggota ISIS di Suriah.

Melansir Channel News Asia, Senin (22/9/2014), PKK, yang merupakan kelompok pemberontak di Turki itu menyerukan mobilisasi masal, setelah warga Kurdi di Suriah terdesak oleh kehadiran ISIS. “Hari penuh kemulian dan kehormatan telah tiba,” seru pihak PKK, mengacu pada peperangan melawan ISIS.

"Kami menyerukan kepada seluruh rakyat kita, serta teman-teman kita, untuk meningkatkan perlawanan," ungkap PKK melalui sebuah pernyataan. PKK meminta kaum muda Kurdi untuk bergerak dan melakukan perlawanan terhadap ISIS untuk menjaga kehormatan Kurdi.

Sementara itu, pemimpin PKK, Dursun Kalkan menyatakan tuduhan serius terhadap pemerintah Turki. Kalkan menuduh bahwa Turki adalah salah satu negara yang melakukan kerjasama dengan ISIS, dan merupakan salah satu donatur kelompok radikal tersebut.

Tuduhan ini mengacu pada dukungan yang diberikan Turki terhadap pasukan pemberontak Suriah, yang digadang-gadang sebagai cikal bakal terbentukanya ISIS. PKK berencana akan mengumpulkan warga Kurdi di Ain al-Arab, yang dikenal sebagai Kobane di Kurdi, salah satu wilayah Kurdi di Suriah yang belum dikuasai ISIS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7281 seconds (0.1#10.140)