NATO: Pasukan Rusia Masih Beroperasi di Ukraina

Minggu, 21 September 2014 - 09:29 WIB
NATO: Pasukan Rusia...
NATO: Pasukan Rusia Masih Beroperasi di Ukraina
A A A
VILNIUS - NATO, sebagai salah satu rival Rusia di Eropa kembali melemparkan pernyataan yang menyudutkan Negeri Beruang Merah itu. Seorang komandar militer NATO menyatakan, saat ini masih ada pasukan Rusia yang beroperasi di wilayah Ukraina.

“Apakah pasukan darat Rusia masih berada di Ukraina? Ya, mereka masih beroperasi di sana,” ungkap Jenderal Philip Breedlove, komandan militer NATO asal Amerika Serikat (AS), seperti dilansir Channel News Asia, Minggu (21/9/2014).

Pernyataan Breedlove ini berbanding terbalik dengan apa yang disebutkan oleh pihak Rusia. Mereka (Rusia) menegaskan, bahwa pihaknya sudah tidak menempatkan lagi pasukan di sekitar wilayah Ukraina, dan mereka juga selalu membantah telah mengirim pasukan ke wilayah Ukraina.

Breedlove enggan berspekulasi mengenai jumlah pasukan Rusia yang ada di Ukraina. “Pergerakan pasukan Rusia dan pasukan yang didukung Rusia, yang melewati perbatasan berbeda setiap harinya. Karena itu, saya tidak bisa menyebutkan angka pasti dari jumlah pasukan Rusia yang ada di Ukraina,” jelasnya.

Tetapi petinggi militer NATO itu menyebut jumlah pasukan Rusia yang ada di Ukraina sudah berkurang drastis semenjak gencatan senjata disepakati awal bulan lalu. “Jumlah pasukan Rusia memang sudah berkurang sangat drastis, tapi tetap saja masih ada beberapa yang melakukan operasi atau ditempatkan di sekitar wilayah Ukraina,” ucap Breedlove.

Breedlove berharap Rusia dapat menghormarti perjanjian gencatan senjata yang ditandangtangi di Minsk awal September lalu. Walaupun belum efektif, Breedlove optimis bahwa gencatan senjata ini akan membawa dampak positif bagi Ukraina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7344 seconds (0.1#10.140)