Yordania Bantu Israel Tembak Jatuh Rudal Iran, Publik Kerajaan Marah

Kamis, 03 Oktober 2024 - 08:32 WIB
loading...
Yordania Bantu Israel...
Yordania telah menembak jatuh rudal-rudal Iran yang menyerang Israel, memicu kemarahan publik kerajaan tersebut. Foto/Al Jazeera
A A A
AMMAN - Otoritas Kerjaaan Yordania menghadapi banjir kritik dan kemarahan setelah pemerintah mengonfirmasi bahwa pasukannya menembak jatuh rudal-rudal Iran yang menargetkan Israel pada Selasa malam.

Iran menembakkan sekitar 180 rudal ke Israel, di mana rudal-rudal tersebut menerangi langit malam di atas Tel Aviv dan Yerusalem sebelum suara ledakan besar yang memekakkan telinga terdengar.

Video-video yang dianalisis Middle East Eye (MEE) menunjukkan rudal-rudal Teheran menghantam beberapa wilayah Israel, dengan satu rudal terlihat meledak di sekitar markas Mossad di pinggiran utara Tel Aviv. Tidak jelas apakah ada kerusakan pada fasilitas tersebut.

Sejumlah lokasi serangan juga diidentifikasi di seluruh Israel tengah, tetapi sensor militer Israel, sebagai kebijakan, telah melarang media lokal dan internasional untuk menerbitkan rincian lokasi pasti yang menjadi sasaran.



Dalam sebuah pernyataan pada Selasa malam, Direktorat Keamanan Publik Yordania mengonfirmasi bahwa sistem pertahanan udaranya mencegat rudal dan pesawat nirawak Iran yang menuju Israel.

"Angkatan Udara Kerajaan Yordania dan sistem pertahanan udara menanggapi sejumlah rudal dan pesawat nirawak yang memasuki wilayah udara Yordania," bunyi pernyataan tersebut.

Satu video yang dianalisis oleh MEE memperlihatkan rudal Iran yang jatuh tertanam di jalan di pinggiran Ibu Kota Yordania, Amman.

Setelah serangan tersebut, pejabat Yordania bersikeras bahwa keterlibatan kerajaan adalah masalah pertahanan diri dan melindungi kedaulatannya.

"Posisi Yordania jelas dan permanen bahwa negara ini tidak akan menjadi arena konflik bagi pihak mana pun," kata Mohammad al-Momani, juru bicara pemerintah yang juga menteri negara untuk urusan media, dalam sebuah pernyataan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)