Putin Tegaskan Dukungan untuk Perdamaian Ukraina

Rabu, 10 September 2014 - 10:13 WIB
Putin Tegaskan Dukungan untuk Perdamaian Ukraina
Putin Tegaskan Dukungan untuk Perdamaian Ukraina
A A A
MOSKOW - Hubungan antara Rusia dan Ukraina kian hari kian membaik, paska tercapainya perjanjian gencatan senjata di Ukraina timur. Presiden Rusia, Vladimir Putin kembali menegaskan niat baiknya untuk mencari solusi demi perdamaian di negara tetangga itu.

Putin, seperti dilansir Channel News Asia, Rabu (10/9/2014), mengatakan hal tersebut saat melakukan pembicaraan melalui telepon dengan Presiden Ukraina, Petro Poroshenko. Sejatinya kedua pemimpin inilah yang menginisiasi perjanjian gencatan senjata yang berlangsung di Minsk beberapa waktu lalu.

“Dalam percakapan telepon antara kedua pemimpin, Putin kembali menegaskan kesiapan Rusia untuk terus berkontribusi pada penyelesaian konflik di Ukraina timur,” tulis Kremlin dalam sebuah pernyataan.

Pernytaan tersebut juga menambahkan, kedua pemimpin sepakat pentingnya pengawasan ketat untuk terus menjaga gencatan senjata ini. Layaknya pimpinan Donetsk, Lugansk, Amerika Serikat (AS), dan PBB, uga mengharapkan adanya tim pengawas independen untuk mengawasi jalannya gencatan senjata.

“Selain membahas penyelesaian konflik, kedua pemimpin juga mulai membahas hubungan ekonomi kedua negara yang sempat terhambat akibat munculnya krisis di Ukraina yang membuat hubungan kedua negara tegang,” pernyataan itu menambahkan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5960 seconds (0.1#10.140)