Haniyeh Kalahkan Abbas jika Palestina Gelar Pemilu

Rabu, 03 September 2014 - 14:32 WIB
Haniyeh Kalahkan Abbas jika Palestina Gelar Pemilu
Haniyeh Kalahkan Abbas jika Palestina Gelar Pemilu
A A A
GAZA - Ismail Haniyeh, Wakil Kepala Biro Politik Hamas diyakini akan mengalahkan Mahmoud Abbas, presiden otoritas Palestina, jika Pemilu Palestina digelar saat ini. Hamas meraih popularitas setelah terlibat perang 50 hari dengan Israel di Gaza.

Prediksi Haniyeh akan mengalahkan Abbas secara telak itu berdasarkan jajak pendapat yang diikuti rakyat Palestina di Tepi Barat dan Gaza.

Jajak pendapat dari Pusat Kebijakan Palestina dan Survey Research, yang dipimpin Dr Khalil Shikaki menunjukkan, bahwa Haniyeh akan meraih dukungan 61 persen dari calon pemilih Palestina. Sedangkan Abbas berdasarkan jajak pendapat itu meraih 32 persen dukungan.

Di Jalur Gaza, Haniyeh mendapat dukungan dari 53 persen dari penduduk setempat, sedangkan di Tepi Barat dukungan justru meningkat tajam mencapai 66 persen.

“Kalau Pemilu diikuti tiga kontestan, yakni Haniyeh, Abbas, dan pemimpin Tanzim yang dipenjara Marwan Barghouti, Haniyeh akan muncul sebagai pemenang dengan 48 persen. Barghouti dapat dukungan 29 persen, sedangkan Abbas hanya meraih 19 persen,” demikian hasil jajak pendapat dari lembaga survei di Palestina itu.

Masih menurut jajak pendapat tersebut,seperti dikutipJpost, Rabu (3/9/2014),hampir 8 dari 10 warga Palestina saat ini lebih percaya pada Hamas, setelah faksi itu dianggap mengalahkan Israel dalam perang berdarah di Jalur Gaza.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6481 seconds (0.1#10.140)