Rusia Bantah Pasukannya Masuki Wilayah Ukraina

Sabtu, 16 Agustus 2014 - 21:13 WIB
Rusia Bantah Pasukannya Masuki Wilayah Ukraina
Rusia Bantah Pasukannya Masuki Wilayah Ukraina
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia membantah laporan pihak Ukraina yang menyatakan ada pasukan Rusia yang menyebrangi wilayah perbatasan di Ukraina timur. Kementerian itu menegaskan, tidak ada pasukan Rusia yang menyeberang ke Ukraina timur.

"Tidak ada anggota militer Rusia yang diduga melintasi perbatasan Rusia dengan Ukraina, baik ada pada malam hari ataupun siang hari," ungkap Mayor Jenderal Igor Konashenkov, juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia. Seperti dilansir RIANOVOSTI, Sabtu (16/8/2014).

Konashenkov menyatakan, apa yang diutarakan pihak Ukraina hanya dilandaskan pada fantasi atau asumsi media setempat semata. Ukraina dikabarkan menyerang sekelompok orang yang diklaim sebagai anggota militer Ukraina pada Kamis malam.

“Mungkin yang mereka serang adalah hantu atau bayangan pasukan mereka sendiri,” ucap Konashenkov. Bantahan ini muncul sehari setelah presiden Ukrina, Petro Poroshenko menyatakan pasukan Ukraina telah menyerang sekelompok pasukan Rusia di wilayah perbatasan di Ukraina timur.

Ukraina sendiri mendapat dukungan dari NATO yang turut mengaku melihat pegerakan pasukan Rusia yang melintasi pebetasan di malam yang sama. “Kami melihat pergerakan pasukan Rusia menyeberangi perbatasan Ukriana,” papar Sekertaris Jenderal NATO, Anders Fogh Rasmussen.

Hubungan antara Rusia dengan NATO dan Ukraina semakin memburuk paska Rusia menyatakan ingin mengirimkan misi kemanusiaan ke Ukraina timur. NATO dan Ukraina menuduh Rusia hanya menggunakan misi kemanusiaan sebagai kedok untuk memasukan pasukan militernya ke Ukraina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8227 seconds (0.1#10.140)