Putin: Jangan Politisasi Tragedi MH17

Senin, 21 Juli 2014 - 18:21 WIB
Putin: Jangan Politisasi Tragedi MH17
Putin: Jangan Politisasi Tragedi MH17
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin mewanti-wanti kepada semua pihak yang terlibat dalam insiden jatuhnya pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH17 untuk tidak mempolitisasi tragedi tersebut. Menurut dirinya, kejadian ini seharusnya tidak terjadi bila gencatan senjata disepakati sejak lama.

"Saya dapat mengatakan dengan pasti, jika aksi militer di timur Ukraina tidak dilanjutkan pada tanggal 28 Juni, tragedi ini akan tidak terjadi. Kami telah berulang kali menyerukan semua pihak yang bertikai di sana untuk segera kembali ke meja perundingan,” ungkap Putin, seperti dilansir RIANOVOSTI, Senin (21/7/2014).

“Pada saat yang sama, tidak ada yang boleh dan berhak untuk menggunakan tragedi ini untuk mencapai tujuan politik mereka sendiri. Dalam peristiwa ini semua orang harus bersatu,” Putin menambahkan.

"Pada bagiannya, Rusia melakukan segala kemungkinan sehingga konflik di timur Ukraina lolos dari fase militer seperti yang terjadi saat ini. Kami berusaha agar hal ini tetap berada pada tahap diskusi di meja perundingan melalui cara-cara damai dan diplomatik," ucap Putin.

Putin juga menyerukan penyelidikan penuh atas kecelakaan MH17 di timur Ukraina tersebut. Dia juga meminta penyeilidikan dilakukan di bawah naungan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6556 seconds (0.1#10.140)