Kirimi Obama Surat Beracun, Aktris AS Dibui 18 Tahun

Kamis, 17 Juli 2014 - 14:31 WIB
Kirimi Obama Surat Beracun, Aktris AS Dibui 18 Tahun
Kirimi Obama Surat Beracun, Aktris AS Dibui 18 Tahun
A A A
NEW YORK - Mantan ratu kecantikan Dallas, Shannon Guess Richardson, yang juga bintang film dan acara televisi di Amerika Serikat (AS) telah divonis 18 tahun penjara. Hukuman itu diterima atas tuduhan, bahwa dia mengirimkan surat beracun kepada Presiden Barack Obama dan Walikota New York, Michel Bloomberg.

Aktris berusia 36 tahun asal Texas itu dijatuhi hukuman oleh hakim di pengadilan federal di Texarkana, Texas. Dia juga dituduh memiliki dan memproduksi racun biologi. Hukumannya dianggap lebih ringan, karena dia mengaku bersalah pada bulan Desember 2013 lalu.

Selain dihukum 18 tahun penjara, Shannon juga harus membayar denda USD367 ribu atau sekitar Rp4,2 miliar. Aktris itu meminta maaf pada sidang Rabu kemarin sebelum hakim Michael Schneider membacakan vonis.

”Saya tidak pernah bermaksud membuat siapa pun terluka,” katanya, seperti dikutip USA Today, semalam (16/7/2014).

“Saya bukan orang jahat. Saya tidak berniat untuk menyakiti siapa pun. Saya mencintai negara saya, dan saya menghormati presiden saya,” imbuh Shannon.

Dia ditangkap pada Juni 2013 lalu, setelah ia mencoba untuk melibatkan suaminya, Nathan Richardson, untuk mengirimkan tiga surat. Namun, kini dia telah menceraikan suaminya itu.

Pihak berwenang menyatakan, Shannon membuat racun risin dari biji kacang dan alkali. Risin adalah racun yang dapat menyebabkan kegagalan pernafasan bila terhirup. Dia kemudian mengirim surat pada 20 Mei 2013, setelah ia memastikan suaminya kala itu telah pergi bekerja.

”Setelah dia meninggalkan rumah, saya mencetak surat untuk Presiden Barack Obama, Walikota New York Michael Bloomberg, dan Mark Glaze berserta Raben Group,” bunyi pernyataan Shannon dalam dokumen resmi pengadilan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5820 seconds (0.1#10.140)