Abbas Minta Perlindungan Internasional bagi Palestina

Selasa, 15 Juli 2014 - 11:09 WIB
Abbas Minta Perlindungan Internasional bagi Palestina
Abbas Minta Perlindungan Internasional bagi Palestina
A A A
RAMALLAH - Presiden Palestina, Mahmud Abbas meminta kepada PBB agar menempatkan Palestina di bawah perlindungan internasional. Permintaan ini muncul setelah semakin banyaknya korban sipil jatuh di Gaza akibat serangan Israel.

Abbas, seperi dilansir Channel News Asia, Senin (14/7/2014), dikabarkan sudah mengirimkan surat resmi kepada Koordinator Khusus PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah, Robert Serry, yang ditujukan kepada Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon terkait hal ini.

“Kami sudah menerima surat tersebut, dan saat ini kami sedang mempelajarinya, sebelum memberikan tanggapan lebih lanjut,” ungkap Wakil juru bicara PBB, Farhan Haq dalam sebuah pernyataan.

“Abbas juga menginginkan penyelidikan tanpa henti serangan udara Israel di Jalur Gaza yang menurut Israel ditujukan untuk menghentikan serangan roket militan ke negara Yahudi itu,” ungkap pihak Organisasi Palestina Merdeka (PLO).

“Abbas sudah melakukan beberapa langkah untuk menghadapi situasi mengerikan yang terjadi di wilayah Gaza,” ucap anggota senior PLO, Hanan Ashrawi dalam sebuah pernyataan.

Abbas telah meminta Swiss, penyimpanan Konvensi keempat Jenewa tentang perlindungan warga sipil di masa perang. Dia meminta penandatangan konvensi untuk menempatkan sanksi terhadap Israel yang melakukan pendudukan dan bertanggung jawab atas keselamatan warga sipil.

Pengakuan oleh PBB sebagai negara non-anggota telah memungkinkan Palestina untuk menandatangani beberapa konvensi internasional, termasuk Konvensi Jenewa
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8121 seconds (0.1#10.140)