Dramatis, Dua Pesawat Nyaris Tabrakan di Barcelona

Selasa, 08 Juli 2014 - 12:44 WIB
Dramatis, Dua Pesawat Nyaris Tabrakan di Barcelona
Dramatis, Dua Pesawat Nyaris Tabrakan di Barcelona
A A A
BARCELONA - Dua pesawat komersial asal Rusia dan Argentina nyaris bertabrkan di landasan pacu Bandara El Prat, Barcelona, Spanyol. Rekaman detik-detik adegan dramatis itu dilansir kemarin.

Dua pesawat yang nyaris bertabrakan adalah pesawat Boeing 767 dari maskapai Rusia, UTair dan pesawat A340 milik maskapai Argentinas Airbus. Dalam rekaman video tampak, pesawat Boeing sedang mendarat, dan dalam waktu yang nyaris bersamaan pesawat Airbus bersiap-siap terbang untuk tujuan Buenos Aires.

Perekam adegan dramatis dua pesawat itu adalah Miguel Angel. Menurut Angel, denyut jantungnya seperti terhenti saat merekam adegan pada Sabtu lalu, yang nyaris jadi tragedi. Dia mengunggah video itu ke YouTube, dan sudah ditonton lebih dari 1 juta kali.

“Ini salah sat pengalaman terburuk yang pernah saya miliki,” katanya menggambarkan adegan dramatis itu.

“Pesawat UTair Boeing 767-300 (VQ-BSX) masuk dari Moskow. Sedangkan pesawat Aerolíneas Argentinas Airbus A340-300 (LV-FPV) muncul dalam sebuah adegan yang bisa menjadi bencana besar di Barcelona,” lanjut Angel, seperti dikutip Mail Online.

Beruntung pilot pesawat Rusia berhasil menunda pendaratan dan menjalankan prosedur darurat, sampai akhirnya berhasil mendaratkan pesawat dengan cepat sumpurna. ”Setelah pesawat itu mendarat dengan selamat di landasan pacu, pesawat Argentin take-off menuju Buenos Aires,” imbuh Angel.

Manajer Pelatihan Penerbangan di Ansett Aviation Training, Kapten John Holmes, mengatakan, kepada smh.com, ada tiga penjelasan atas insiden itu.

”Petunjuk untuk pesawat A340 mungkin salah dipahami oleh sang kapten, atau mereka mungkin tidak pernah mendengar petunjuk. Kemungkinan lain juga, ada instruksi yang dikeluarkan dari menara kontrol,” ujarnya.

Badan Navigasi Udara Bandara Spanyol (AENA), badan publik yang bertanggung jawab terhadap bandara di Spanyol, merilis sebuah pernyataan yang mengatakan tidak pernah ada bahaya tabrakan dua pesawat. Sebab, ada ruang yang cukup untuk melaukan pedaratan antara dua pesawat.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5762 seconds (0.1#10.140)