Rusia Cabut Resolusi Militer

Selasa, 24 Juni 2014 - 18:24 WIB
Rusia Cabut Resolusi Militer
Rusia Cabut Resolusi Militer
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada Selasa (24/6/2014) membuat sebuah langkah mengejutkan. Melansir Reuters, Putin meminta kepada Parlemen Tinggi Rusia untuk mencabut hak pasukan Rusia untuk ikut campur di Ukraina.

Sebelumnya, Rusia memiliki sebuah resolusi yang kerap dijadikan pembelaan bila mereka melakukan intervensi terhadap wilayah Ukraina. Rusia merasa memilki hak untuk membela rakyat keturunan Rusia yang tinggal di Ukraina.

Rusia juga selalu menggunakan resolusi tersebut untuk membenarkan setiap kegiatan Angkatan Bersejata mereka, baik yang berada di wilayah perbatasan, ataupun yang sudah merangsek masuk ke wilayah Ukraina.

“Kepala Negara telah mengajukan proposal kepada Dewan Tertinggi untuk mencabut resolusi penggunaan kekuatan Angkatan Bersenjata di wilayah Ukraina,” ungkap Juru Bicara Kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov.

Langkah ini diambil Putin tak lama setelah separatis pro-Rusia yang berada di wilayah timur Ukirana memutuskan untuk melakukan gencatan senjata. Mereka dikabarkan siap untuk melakukan dialog damai dengan pemerintah Ukraina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6718 seconds (0.1#10.140)