Ukraina Desak Jerman dan UE Bantu Selesaikan Krisis

Senin, 23 Juni 2014 - 18:58 WIB
Ukraina Desak Jerman dan UE Bantu Selesaikan Krisis
Ukraina Desak Jerman dan UE Bantu Selesaikan Krisis
A A A
KIEV - Ukraina pada Senin (23/6/2014) mendesak Kanselir Jerman, Angela Merkel dan negara-negara Uni Eropa (UE) lainnya untuk membantu mereka dalam meredakan pemberontakan separatis pro-Rusia yang menguasai wilayah timur negara mereka.

Melansir Channel News Asia, desakan tersebut disampaikan presiden Ukraina, Petro Poroshenko melalui sambungan telepon dengan Merkel, beberapa hari menjelang puncak pertemuan para menteri luar negeri UE akhir pekan ini.

"Keterlibatan Merkel dan para pemimpin dunia lainnya sangat penting untuk membantu Ukraina dalam menyelesaikan konflik yang terjadi di timur Ukraina," ungkap pihak kepresidenan Ukraina dalam sebuah pernyataan.

Poroshenko yang dengan lantang menyerukan gencatan senjata kepada pihak separatis dikabarkan sudah memiliki draft rencana pembicaraan damai dengan pihak separatis, yang dianggap pihak Rusia bukan sebagai ajakan, melainkan sebagai ultimatum.

Ukraina sendiri akan membuat sejarah baru saat pertemuan UE, di mana mereka akan menandatangani pakta perjanjian perdagangan dengan UE yang sebelumnya tidak jadi dilakukan oleh presiden terguling Ukraina Viktor Yanukovich karena lebih memilih untuk bekerjasama dengan federasi Rusia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7608 seconds (0.1#10.140)