Militer Thailand Lakukan Kudeta, Ini Sikap RI

Jum'at, 23 Mei 2014 - 11:29 WIB
Militer Thailand Lakukan...
Militer Thailand Lakukan Kudeta, Ini Sikap RI
A A A
JAKARTA-Pemerintah Indonesia menyampaikan sikap atas tindakan militer Thailand yang melakukan kudeta terhadap pemerintah setempat. Sikap itu disampaikan Menteri Luar Negeri Marty M. Natalegawa.

Menurut Marty, pemerintah Indonesia prihatin denga politik perkembangan di Thailand. Di mana pada akhirnya, militer negara itu mengambi alih kekuasaan pada Kamis (22/5/2014) kemarin. (Baca: Dunia Kutuk Kudeta Militer Thailand)

”Tanpa bermaksud mencampuri perkembangan dalam negeri negara Thailand, sebagai bagian masyarakat ASEAN, maka perkembangan di Thailand tersebut patut menjadi kepedulian Indonesia bersama ASEAN,” kata Marty dalam keterangan tertulis yang diterima Sindonews.

Indonesia, lanjut Menlu Marty menyerukan rekonsiliasi di negara Gajah Putih itu. ”Dalam kaitan ini, Indonesia menyerukan kepada Angkatan Bersenjata Thailand dan berbagai elemen sipil terkait, agar bekerjasama dalam suasana rekonsiliatif untuk segera memulihkan situasi politik di Thailand,” ujar Marty.

Selain itu, Indonesia juga akan berkomunikasi dengan Myanmar, selaku Ketua ASEAN. Tujuannya, untuk menggalang kontribusi ASEAN dalam menciptakan kondisi yang kondusif bagi pemulihan situasi politik di Thailand.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8475 seconds (0.1#10.140)