Australia: Jumlah penyelundupan manusia mulai berkurang

Jum'at, 16 Mei 2014 - 10:52 WIB
Australia: Jumlah penyelundupan manusia mulai berkurang
Australia: Jumlah penyelundupan manusia mulai berkurang
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Australia mengkalim, jumlah penyelundup manusia yang masuk ke wilayah mereka sudah semakin berkurang. Menurut mereka, hal ini semakin menambah frustasi para penyelundup yang mencoba memasukan orang secara ilegas ke Australia.

Kebijakan mengenai hal ini juga sempat membuat hubungan Australia dan Indonesia menjadi tegang. Sebab, Australia mengembalikan penyelundup ke wilayah Indonesia.

Menurut Angus Campbell, Komandan Operation Sovereign Borders, seperti
dilaansir Channel News Asia, Jumay (16/5/2014), satu faktor lain yang membuat penurunan jumlah pencari suaka ke Australia adalah mulai berkurangnya minat pencari suaka tersebut untuk menempuh perjalanan laut berbahaya ke negara-negara tujuan.

“Para calon klien (pencari suaka) mulai melihat perubahan kebijakan di sebuah negara, sebelum mereka memutuskan untuk melakukan perjalanan berbahaya. Banyak dari mereka saat ini lebih suka menunggu dan mengamati (kebijakan),” ungkap Campbell.

Dia juga menyatakan, tidak sedikit para imigran yang sudah mencapai wilayah Asia Tenggara untuk melakukan perjalanan ke Austalia, memutuskan untuk kembali ke negara asal mereka masing-masing.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5114 seconds (0.1#10.140)