China kutuk kerusuhan di Vietnam

Jum'at, 16 Mei 2014 - 09:23 WIB
China kutuk kerusuhan di Vietnam
China kutuk kerusuhan di Vietnam
A A A
Sindonews.com – Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, melakukan percakapan telepon penting dengan para pejabat pemerintahan Vietnam atas terjadinya protes berdarah anti-China yang memakan 21 korban jiwa. Yi dengan tegas mengutuk aksi protes berdarah tersebut.

Yi melakukan percakapan telepon pada Kamis (15/5/2014) malam, dengan Menteri Luar Negeri Vietnam, Pham Binh Minh. Yi mendesak pemerintah Vietnam bertanggung jawab atas tragedi yang menimpa warga China di Vietnam.

“Pemerintahan Vietnam harus bertanggung jawab atas serangan kekerasan terhadap warga negara dan perusahaan China di sana,” ungkap Yi, seperti dilansir Reuters, Jumat (16/5/2014).

Paska kerusuhan, China dikabarkan segera mengirimkan sebuah kelompok kerja yang dipimpin oleh Asisten Menteri Luar Negeri China, Liu Jianchao, untuk melakukan penyelidikan dan mengetahui perkembangan terbaru mengeni insiden itu.

Yi juga menuntut pemerintah Vietnam untuk mengambil langkah-langkah tegas dan efektif untuk segera menghentikan serangan kekerasan dan menjamin keamanan bagi warga negara serta aset-aset perusahaan China yang berada di sana.

Hingga saat ini, motif kerusuhan ini masih dalam penyelidikan polisi. Kerusuhan itu terjadi setelah sebelumnya rakyat Vietnam menggelar demonstrasi besar untuk memprotes pengeboran minyak di kawasan Laut China Selatan yang telah diklaim Vietnam.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3519 seconds (0.1#10.140)